cover
Contact Name
Bambang
Contact Email
bambang.afriadi92@gmail.com
Phone
+6285692038195
Journal Mail Official
bambang.afriadi92@gmail.com
Editorial Address
LPPM UNJ, Gedung Ki Hajar Dewantara Lt.6-7, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 25978659     DOI : https://doi.org/10.21009/jmp
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) E-ISSN: 2597-8659 is an open-access scientific journal published online through the Open Journal System. JMP published biannually, June and December by Magister Program and Doctoral Program of Education Management Universitas Negeri Jakarta. Its aim is to publish research results from the work of students and lecturers in the fields of Educaton anagement and Education Administration. Articles can be in the form of theoretical studies or research results written in Indonesian or English
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 01 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan" : 5 Documents clear
PENINGKATAN MUTU SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH MELALUI KONSEP TRILOGI JURAN Yeni Linda Fitria
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 01 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.989 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v12i01.11096

Abstract

Abstrak: Konsep The Juran Trilogy atau biasa disebut Trilogi Juran dapat diterapkan di sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan mutu sekolah. Sarana dan prasarana termasuk dalam satu dari sekian banyak bidang mutu yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu sarana dan prasarana di MTs Sunan Kalijogo Malang. Selain itu juga untuk mengetahui penerapan dari konsep Trilogi Juran beserta hambatan-hambatan yang sedang dihadapi sekolah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasilnya, peningkatan mutu sarana dan prasarana di MTs ini sebenarnya sudah menerapkan konsep Trilogi Juran sebagai upaya dalam meningkatkan mutu. Namun masih perlu adanya upaya dalam mempertahankan sekaligus meningkatkan mutu sekolah ke arah yang lebih baik. Kata Kunci: Trilogi Juran, mutu, sekolah Abstract: The concept of The Juran Trilogy or commonly called the Juran Trilogy can be applied in schools as an effort to improve the quality of schools. Facilities and infrastructure are included in one of the many quality fields that need to be improved. This study aims to determine the quality of facilities and infrastructure at MTs Sunan Kalijogo Malang. In addition, it is also to find out the application of the Juran Trilogy concept along with the obstacles facing the school. The method used is a qualitative approach. As a result, improving the quality of facilities and infrastructure in MTs has actually applied the Juran Trilogy concept as an effort to improve quality. But there still needs to be an effort to maintain and improve the quality of schools in a better direction. Keywords: Juran Trilogy, quality, school
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KOMPETENSI GURU MELALUI WORKSHOP Galuh Ayu Noviyantika
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 01 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.671 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v12i01.11097

Abstract

Abstrak: Ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, kompetensi-kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Salah satu upaya peningkatan kualitas kompetensi guru adalah melalui kegiatan workshop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek yang diberikan oleh kegiatan workshop kepada para guru di madrasah. Penelitian kualitatif yang digunakan dalam pengamatan ini, teknik yang digunakan adalah wawancara dan observasi mendatangi lokasi sekolah. Kata Kunci: kompetensi, kualitas, workshop
MENGASAH KEMAMPUAN MENGAJAR MELALUI LITERASI Saverinus Gordisona
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 01 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.58 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v12i01.11098

Abstract

Layaknya seorang yang profesional dalam bidangnya, guru diharapkan memiliki kompetensi yang baik sebagai seorang yang mengajar dan mendidik. Program literasi merupakan salah satu cara untuk mengasah kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran dengan memperluas pengetahuan yang dimiliki. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui profesionalitas guru di SMP Kalam Kudus Malang dalam melaksanakan pembelajaran sehari-hari. Metode yang yang digunakan adalah melalui analisis fish bone dan wawancara. Diperoleh salah satu permasalahan yang diemukan adalah kemampuan mengajar yang cukup rendah. Ini sebagai akibat dari kurangnya keterampilan berliterasi di kalangan guru. Permasalahan ini dapat dipecahkan dengan membuat program khusus literasi dengan mensinergikan peran perguruan tinggi dengan sekolah.
INTEGRASI METODE SIX SIGMA KE DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PESERTA DIDIK di SMKN 3 MALANG Sheila Fransisca Fortunata
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 01 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.359 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v12i01.11099

Abstract

Abstract : The aims of this article aims to analyze the teaching factory learning program as an effort to improve the quality of students who try to be integrated using the Six Sigma method as one of the development of Total Quality Management (TQM) in SMK 3 Malang. The method used in writing this article is by elaborating the results of interviews and observations and related literature studies. The results of the analysis show that while the school context does not explain that it has applied the concept of TQM. From the stages of implementing the six sigma method it can be said that this school has implemented the six sigma method in planning activities until its implementation. With the integration of the six sigma method into school programs, schools can be said to have a quality culture for creating quality schools. Keywords: Teaching Factory, improving the quality of students, the concept of TQM, Six Sigma Abstrak: Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis program pembelajaran teaching factory sebagai salah satu upaya peningkatan mutu peserta didik yang mencoba diintegrasikan dengan menggunakan metode Six Sigma sebagai salah satu pengembangan dari Total Quality Management (TQM). Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah dengan penjabaran hasil wawancara dan observasi dan kajian literatur terkait. Hasil dari analisis menunjukan bahwa seara konteks sekolah tidak menjelaskan bahwa telah menerapkan konsep dari TQM. Dari tahapan pelaksanaan metode six sigma dapat dikatakan sekolah ini sudah menerapkan metode six sigma dalam kegiatan perencanaan hingga implementasinya. Dengan adanya integrasi metode six sigma ke dalam program sekolah, maka sekolah dapat dikatakan memiliki budaya mutu untuk menciptakan sekolah yang bermutu. Kata Kunci: Teaching Factory, peningkatan mutu peserta didik, konsep TQM, Six Sigma
IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM SISTEM MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA ronius lase
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 01 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.536 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v12i01.11101

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi manajemen mutu terpadu dalam sistem manajemen sarana dan prasarana, menggunakan pendekatan deskripsi. Populasi dalam melakukan penelitian ini adalah pelanggan eksternal dalam satuan pendidikan, yaitu peserta didik. Data dikumpulkan melalui hasil observasi dengan menggunakan kuisioner, dan dianalisis dengan menggunakan deskripsi. Dari penelitian ini ditemukan bahwa: (1) sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah, belum memenuhi tingkat kepuasan peserta didik, sehingga tingkat ketidakpuasan peserta didik masih tinggi; (2) membutuhkan dukungan dari yayasan dalam memenuhi kebutuhan sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 01 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 11 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 11 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 9 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 9 Nomor 2 Desember 2018 Vol 9 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 9 Nomor 1 Juli 2018 Vol 8 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 2 Desember 2017 Vol 8 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 1 Juli 2017 Vol 7 No 2 (2016): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 2 Desember 2016 Vol 7 No 1 (2016): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 1 Juli 2016 Vol 6 No 2 (2015): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 6 Nomor 2 Desember 2015 Vol 6 No 1 (2015): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 6 Nomor 1 Juli 2015 Vol 5 No 2 (2014): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 2 Desember 2014 Vol 5 No 1 (2014): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 1 Juli 2014 Vol 4 No 2 (2013): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Desember 2013 Vol 4 No 1 (2013): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Juli 2013 Vol 3 No 2 (2012): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 2 Desember 2012 Vol 3 No 1 (2012): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 1 Juli 2012 Vol 2 No 2 (2011): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Desember 2011 Vol 2 No 1 (2011): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 1 Juli 2011 Vol 1 No 2 (2010): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Desember 2010 Vol 1 No 1 (2010): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Juli 2010 More Issue